Target Akreditasi Unggul, FKIP Unsil Gelar Pelatihan Penyusunan Peta Jalan (Roadmap) Pengembangan Jurusan/Prodi di Lingkungan FKIP

Sabtu-Minggu, 3-4 Desember, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi sukses menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Roadmap Pengembangan Jurusan/Program Studi Menuju Akreditasi Unggul di Lingkungan FKIP Universitas Siliwangi Tahun 2022”. Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan jurusan/prodi di lingkungan FKIP menghadapi akreditasi pada tahun berikutnya. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Siliwangi sekaligus membuka acara secara resmi.
Pelatihan yang dilaksanakan di Fave Hotel, Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya dihadiri narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber pada hari pertama, Dr. Mardiyana, M.Si (Dekan FKIP UNS) menyampaikan materi mengenai Penyusunan Roadmap Pengembangan Jurusan/Program Studi menuju Akreditasi Unggul, sedangkan narasumber pada hari kedua, Prof. Margana, M.Hum.,M.A. (Warek I UNY) menyampaikan materi mengenai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU-PT) serta strategi pencapaiannya.
Seluruh dosen dan tendik di lingkungan FKIP yang menjadi peserta dalam acara tersebut berasal dari Jurusan Pendidikan Masyarakat yang telah terakreditas unggul, Pendidikan Bahasa Indonesia terakreditasi baik sekali, Pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi baik sekali, Pendidikan Ekonomi terakreditasi baik sekali, Pendidikan Biologi terakreditasi baik sekali, Pendidikan Matematika terakreditasi baik sekali, Pendidikan Geografi terakreditasi baik sekali, Pendidikan Sejarah terakreditasi baik sekali, Pendidikan Jasmani terakreditasi baik sekali, Pendidikan Fisika terakreditasi baik sekali, dan Program Studi PPG. Produk yang dihasilkan berupa rancangan program kerja serta roadmap pengembangan jurusan yang disesuaikan dengan pedoman akreditasi dari LAMDIK.
“Alhamdulillah kegiatan Workshop Penyusunan Roadmap Pengembangan Jurusan di Lingkungan FKIP UNSIL ini telah berjalan dengan lancar. Meskipun kegiatan dilaksanakan di akhir pekan, namun peserta dosen dan tenaga kependidikan tetap antusias mengikuti kegiatan sampai akhir. Harapannya melalui kegiatan workshop ini, dapat menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengelolaan jurusan yang lebih progresif dan terukur, sehingga dapat menunjang pada keberhasilan pencapaian akreditas lembaga yang Unggul”, ujar Ketua pelaksana pelatihan, Dr. Dita Agustian, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.