Assessmen Lapangan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) Program Studi Pendidikan Masyarakat

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) melakukan Asesmen Lapangan secara luring kepada Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) diadakan selama dua hari, yaitu tanggal 28 – 29 Oktober 2022. Tim Asesor LAMDIK yang melaksanakan AL yaitu Dr. R. Mursid, S.T., M.Pd. selaku asesor 1 dan Drs. Erry Utomo, M.Ed., Ph.D. selaku asesor 2.
Pada hari pertama pelaksanaan AL, asesor di sambut oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Asep Suryana Abdurrahmat, S.Pd., M.Kes., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK) Dr. Ade Rustiana, M.Si. Dekan FKIP Dr. Hj. Nani Ratnaningsih, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Diana Hernawati, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Redi Hermanto, M.Pd., Ketua Prodi Dr. Lilis Karwati, M.Pd., Sekretaris Prodi Ahmad Hamdan, M.Pd. dan PIC Penyusun LED Bayu Adi Laksono, M.Pd.
Acara dilanjutkan dengan pembukaan yang di pimpin langsung oleh Dekan FKIP yang mengucapkan terimakasih kepada kaprodi, dosen, SPMI, GKM, mahasiswa, tenaga kependidikan dan stakeholder sehingga asesmen lapangan ini memiliki persiapan yang matang dan harapannya memperoleh hasil yang terbaik. Selanjutnya Tim Asesor menyampaikan rasa terimakasih serta apresiasi atas penerimaan dari FKIP Unsil dan berharap kegiatan dapat menjadi kesempatan untuk bertukar pengalaman dan pengembangan institusi.
Selanjutnya kegiatan sesi UPPS, Penjamin mutu untuk mengkonfirmasi data yang berkaitan dengan UPPS dan gugus Kendali Mutu FKIP UNSIL. Setelah itu dilanjutkan sesi konfirmasi dengan prodi terkait dengan LED dan DKPS yang sudah dibuat oleh tim task force oleh masing-masing asesor dan wawancara dengan para dosen prodi. Konfirmasi data yang cukup di soroti oleh para asesor disini yaitu di bidang kurikulum serta pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen bersama dengan mahasiswa. Setelah sesi dengan prodi selesai dilanjutkan sesi wawancara dengan stakeholder yaitu alumni, pengguna lulusan dan Lembaga mitra. Asesor sangat tertarik dengan yang disampaikan oleh para stakeholder dan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan di Lembaga-lembaga mitra. Asesor memberikan masukan kepada prodi agar terus mengembangkan program bersama pengguna lulusan dan Lembaga mitra agar lulusan menjadi lebih berkualitas.
Pada hari kedua asesmen lapangan diawali dengan observasi pembelajaran untuk mengkonfirmasi karakteristik proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilakukan oleh Lesi Oktiwanti, M.Pd. kepada mahasiswa Angkatan 2021 kelas B. Selanjutnya asesor melakukan wawancara dengan para tenaga kependidikan yang terdiri dari pranata komputer, bendahara pengeluaran pembantu, arsiparis, pustakawan, dan laboran. Setelah selesai sesi dengan tenaga kependidikan dilanjutkan sesi wawancara kepada mahasiswa. Asesor juga cukup puas dengan apa yang disampaikan oleh para mahasiswa, sehingga asesor memberikan masukan kepada prodi dalam pelaksanaan penelitian atua tugas akhir mahasiswa menggunakan metode R&D karena ada beberapa produk yang sedang di kembangkan oleh mahasiswa.
Setelah semua sesi selesai, asesor melaksanakan penilaian mandiri, lalu memberikan arahan dan rekomendasi untuk pemberkasan hasil verifikasi serta memberikan feedback dan berita acara pelaksanaan proses AL yang ditandangani oleh Dekan, Kaprodi, Asesor 1 dan Aseosr 2. Kegiatan Asesmen Lapangan ditutup oleh Dekan dengan menyerahkan plakat Unsil kepada kedua Asesor dan foto Bersama. Diantara feedback yang diberikan oleh asesor disampaikan bahwa yang perlu di kembangkan adalah mutu prodi, mata kuliah metode penelitian berbasis R&D, penguatan kurikulum terutama bidang pengelolaan (manajemen) Pendidikan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.