Praktik Belajar Lapangan (PBL) Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi

Praktik Belajar Lapangan (PBL) (yang sebelumnya bernama Praktik Kuliah Lapangan (PKL) merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada objek biologi yang ada di alam/lapangan, sesuai dengan yang telah dipelajari oleh mahasiswa di kelas maupun laboratorium. Tidak hanya pengamatan objek biologi di alam/lapangan, kegiatan PBL pun dilakukan dengan melakukan kunjungan ke berbagai lembaga yang konsen terhadap inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Pada tahun 2022 ini, kegiatan PBL dilaksanakan di kawasan Ranca Upas – Ciwidey dengan peserta mahasiswa berjumlah 320 orang, yang terdiri dari Angkatan 2019, 2020, dan 2021.

Kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) yang dilaksanakan oleh Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi dilaksanakan selama tiga hari, dengan rincian sebagai berikut:
1. Hari kesatu (11 Oktober 2022)
Pada hari kesatu, kegiatan dimulai dengan upacara pelepasan di Lapangan Utama Universitas Siliwangi. Kegiatan pelepasan diawali salah satunya diisi dengan sambutan Ketua Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi (Mufti Ali, M.Pd.), yang menyampaikan bahwa kegiatan PBL ini merupakan kegiatan akademik di luar kelas yang dapat memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa melalui observasi di berbagai tempat seperti kawasan pantai dan ekosistem mangrove, pegunungan, dan melakukan kunjungan ke berbagai lembaga yang konsen terhadap inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, dalam kegiatan PBL ini mahasiswa diberikan pengalaman untuk mampu mengaitkan antara teori atau konsep yang ditelah dipelajari selama di kelas untuk kemudian dihubungkan melalui pengalaman di lapangan.
Selepas upacara pelepasan, peserta berikut dengan dosen dan instruktur melakukan perjalanan ke Ranca Upas – Ciwidey. Setelah sampai di lokasi, peserta kemudian mengikuti kegiatan seminar yang diisi oleh narasumber dari Aspinall Foundation, mengenai Tantangan dan Peluang Konservasi Primata di Indonesia. Narasumber yang mewakili Aspinall Foundation yaitu Sigit Ibrahim, menjelaskan bahwa penyelamatan dan konservasi primate di Indonesia memerlukan kerja sama/kolaborasi dari semua pihak. Faktor yang menjadi tantangan dalam konservasi primate lebih pada aspek kebutuhan segelintir orang terhadap primate, alih fungsi lahan, dan minimnya pusat-pusat penangkaran. Meskipun undang-undang sudah mengatur mengenai konservasi khususnya pada hewan primate, namun apabila penangkapan dan peredaran primate tidak dapat dicegah maka akan menjadi sia-sia.
2. Hari kedua (12 Oktober 2022)
Pada hari kedua, peserta Bersama tim dosen dan instruktur melaksanakan kegiatan lapangan di Kawasan Ranca Upas. Setiap tingkatan mahasiswa (Angkatan 2019, 2020, dan 2021) melaksanakan kegiatan lapangan dengan topik berbeda-beda. Sebagai gambaran, Angkatan 2019 melaksanakan kegiatan dengan topik biokonservasi dan ekologi, angkatan 2020 melaksanakan kegiatan dengan topik Zoologi Vertebrata, Zoologi Invertebrata, dan Botani, dan Angkatan 2021 melaksanakan kegiatan dengan topik Biologi Umum, Pencemaran Lingkungan, dan Pengenalan Lingkungan.
Kegiatan yang dipandu oleh dosen dan instruktur dibuat dalam bentuk menjelajah Kawasan Ranca Upas, yang dibagi menjadi tiga pos. Pada setiap pos, kelompok mahasiswa diminta untuk melakukan pengamatan pada berbagai objek yang berkaitan dengan mata kuliah yang ditugaskan. Selain melaksanakan tugas pengamatan, setiap kelompok mahasiswa pun melaksanakan berbagai permainan yang menantang untuk menguji kekompakan kelompoknya.
3. Hari ketiga (13 Oktober 2022)
Pada hari ketiga, agenda pelaksanaan PBL berpusat di Kawasan Kawah Putih, yang sebagian besarnya digunakan untuk kegiatan mandiri. Meskipun demikian, beberapa mahasiswa masih melakukan pengamatan pada beberapa jenis objek, seperti tumbuhan khas Kawah Putih beserta kondisi ekologisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.