WORKSHOP PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI

Selasa, 21 Juni 2002 sebanyak 200 orang yang terdiri civitas FKIP Universitas Siliwangi, Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni yang mewakili Rektor, Kabiro BAKPK, SPMI, dan stake holder dari Kota/Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Kota. Banjar, dan Kab. Pangandaran berangkat menuju Hotel Pantai Indah, Pagandaran sebagai tempat digelarnya kegiatan Workshop Pendampingan Penyusunan Dokumen Akreditasi.
Kegiatan Workshop yang dilaksanakan dua hari berturut-turut itu menghadirkan beberapa narasumber internal dan eksternal. Pada kesempatan pertama dilaksanakan diskusi panel bersama para stake holder (Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, Disnaker) dengan dipandu oleh Satuan Penjamin Mutu Internal. Dalam panel tersebut menghasilkan bagaimana untuk lebih memaksimalkan Tracer Study ke depan. Sebagaimana dimafhumi bersama, bahwa umpan balik para alumni FKIP ini memiliki andil yang besar dalam meningkatkan mutu akreditasi jurusan, Fakultas, dan Universitas.
Rabu, 22 Juni 2022, dimulai pukul 08:00 s.d. 09.00 WIB, ketua SPMI Dr. Asep Suryana Abdurahman, M.Kes., menyajikan paparan awal kepada para peserta sekaitan tugas SPMI sebagai pendampingan bagi jurusan, fakultas, maupun Universitas, yang akan melaksanakan akreditasi, sehingga dapat menghasilkan mutu yang ideal sesuai harapan.
Pukul 09:00 s.d. 17:30 WIB, narasumber inti Kepala Divisi Akreditasi Lembaga Akreditasi Kependidikan (LAMDIK), Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd., Dosen Universitas Sebelas Maret, Surakarta, secara teknis dan aplikatif mendeskripsikan bagaimana seharusnya dokumen-dokumen akreditasi dilakukan dengan baik dan terukur. Paparan narasumber disambut antusias para peserta workshop dari masing-masing jurusan.
Untuk mengaplikasian hasil dari paparan, tiap-tiap jurusan melakukan Latihan atau simulasi penyusunan dokumen akreditasi tersebut. Di akhir tenggang waktu yang diberikan, keluarlah skor dari masing-masing program studi. Kegiatan ini diharapakan menjadi kawah candradimuka untuk setiap program studi yang akan melaksanakan akreditasi.
Dalam waktu dekat, di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ada dua program studi yang akan melaksanakan akreditasi. Dua program studi tersebut adalah Prodi Bahasa Inggris dan Prodi. Pendidikan Masyarakat. Workshop Pendampingan Penyusunan Dokumen Akreditasi ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu akreditasi seluruh prodi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di masa depan. Jika mutu ideal yang diperoleh masing-masing prodi dapat tercapai, secara otomatis dapat mendongkrak akreditasi fakultas dan lembaga perguruan tinggi. **(Bode Riswandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.