RAPAT PENYUSUNAN LAPORAN PPG DALAM JABATAN TAHUN 2021 PRODI PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS SILIWANGI

Rapat Penyusunan Laporan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Rabu s/d Jumat, tanggal 29 s/d 31 Desember 2021 di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan-kegiatan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 yang telah dilaksanakan dari Angkatan 1, Angkatan 3 dan Angkatan 4. Laporan mulai dari Lapor diri sampai hasil kelulusan baik Ujian Kinerja (UKin) maupun Ujian Pengetahuan (UP) yang diselenggarakan oleh tim Panitia Nasional.

Rapat Penyusunan Laporan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021 dihadiri oleh pimpinan LPTK Universitas Siliwangi (Rektor), Wakil Rektor 2, Ketua BAKPK, Dekan FKIP, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Pejabat Pengadaan FKIP, 5 Koordinator Jurusan yaitu Koordinator Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Jasmani, Jurusan Geografi, Jurusan Sejarah dan perwakilan dari Dosen 5 Jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Jasmani, Jurusan Geografi, dan Jurusan Sejarah.

Ketua Prodi PPG memberikan sambutannya “Kegiatan ini merupakan rapat penghujung di Tahun 2021, secara pribadi dan mewakili dari pokja PPG, berterimakasih yang beribu-ribu kepada Rektor sebagai pimpinan dan jajarannya serta Bapak/Ibu dosen yang telah ditugaskan untuk kegiatan PPG tahun 2021. Sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru sehingga tidak tahu seperti apa yang harus dilakukan tetapi untuk mengatasi ketidak tahuan tersebut kami melakukan studi banding ke universitas lain (Untirta) untuk mengetahui seperti apa kegiatan PPG ini. Kegiatan perdana LPTK Universitas Siliwangi yang dilakukan oleh pusat dilaksanakan di Solo pada tanggal 14-16 November 2020. Kegiatan PPG setiap tahun ada perubahan di sesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Pada saat kegiatan Evaluasi seluruh LPTK di Jogjakarta, pembahasannya sangat detail sekali mulai komponen-komponen capaian PPG, terutama LMS karena kegiatan 70% dilakukan secara syncronus. Alhamdulillah kita mendapatkan prestasi di bidang aktivitas dosen masuk dalam 10 besar: Angkatan 1 rangking 2 Angkatan 3 rangking 5, dan Angkatan 4 rangking 2, kami sangat berbahagia dengan prestasi yang dilakukan ini. Dari 306 mahasiswa semua Angkatan, hanya 22 orang belum lulus, dengan rincian: Angkatan 1 dengan jumlah mahasiswa 69 orang yang lulus 49 orang (71%), Angkatan 3 dengan jumlah mahasiswa 133 orang yang lulus 88 orang (66%), dan Angkatan 4 dengan jumlah mahasiswa 104 yang lulus 84 orang (80,77%). Jumlah yang belum lulus sebelum retaker 85 orang dan setelah melakukan retaker yang lulus 63 orang. Sehingga yang belum lulus 22 orang terdiri dari Jurusan Bahasa Indonesia 6 orang, Jurusan Bahasa Inggris 11 orang, dan Jurusan Pendidikan Jasmani 5 orang. Secara keseluruhan mendapat kelulusan 96,88%. Saya ucapkan kembali atas tim PPG kepada pimpinan kami bapak Rektor, Wakil Rektor, Kabiro, para Dekan, Wakil Dekan, Koodinator Program Studi, Bapak/Ibu dosen, guru pamong. Mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan dari tim PPG selama pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2021”.
Dekan FKIP memberikan sambutan dalam kegiatan ini, “Saya merasa gembira sekaligus terharu atas perjalanan PPG, yang pada awalnya Universitas Siliwangi datang belakangan atau pendatang baru tetapi hasilnya mendapatkan rangking yang luar biasa. Kegiatan ini rapat terakhir dalam tahun 2021, mudah2an kegiatan ini mendapat hikmah untuk selalu berprestasi di kancah nasional. Mudah-mudahan tahun depan mendapat kuota lagi baik PPG Dalam Jabatan maupun Prajabatan. Sukses kegiatan sukses admintrasi, artinya jangan lupa dokumen-dokumen yang telah dilakukan jangan sampai hilang. Mudah-mudahan Kerjasama dan kerja keras yang terlibat dalam PPG mendapat keberkahan”.

Rektor memberikan Sambutan dan Membuka acara kegiatan ini, “Akhirnya kita telah sampai pada penghujung kegiatan PPG 2021, saya ingin menyampaikan selamat dan apresiasi yang sangat dalam kepada tim PPG dan bapak/ibu yang terkait dalam kegiatan PPG Dalam Jabatan 2021 dengan kelulusan 96% lebih. Sekarang tinggal menyusun laporan PPG Dalam Jabatan Angkatan 1, 3 dan 4, Insya Alloh Universitas SIliwangi dapat mendapatkan kuota tahun 2022. Yang lebih membahagiakan, kita sebagai LPTK baru suskses dalam penyelenggaraan PPG masuk dalam 10 besar dari 75 LPTK. Selamat kepada tim PPG, dekan dan jajarannya. Kesusksesan PPG sebagai upaya keras dari tim PPG, tentunya kesusksesan pasti ada kekurangannya sebagai bahan evaluasi untuk tahun 2022”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.